Sumber Gambar: Kelas Digital Mister Arie |
Latar Belakang Mempelajari Bahasa Arab
Bahasa arab adalah bahasa asing populer selain bahasa inggris. Bahkan, di Indonesia dan di negara yang berpenduduk mayoritas muslim, bahasa arab dianggap sakral dan penting untuk dipelajari. Tak hanya karena bahasa arab adalah bahasa kitab suci al-Qur'an, tetapi juga mempelajarinya untuk kepentingan percakapan keseharian beraktivitas.
Persoalan Mempelajari Bahasa Arab
Persoalan dalam mempelajari bahasa arab nyaris sama dengan persoalan mempelajari bahasa asing secara keseluruhan. Dalam rangkaian jenjang pendidikan di Indonesia, ada pertanyaan besar yang tak mudah untuk dijawab. Pertanyaannya begini, sejak bangku MI hingga Aliyah kisaran 12 tahun dipelajari mata pelajaran bahasa arab, tapi mengapa setelah lulus aliyah, ternyata belum bisa juga berbahasa arab? 12 tahun itu bukan waktu sedikit. Tapi mengapa itu terjadi? apa yang salah dengan pendidikan bahasa asing di Indonesia ini?
Jawaban dari pertanyaan di atas mungkin bersinggungan dengan artikel yang pernah ditulis di blog ini juga. Silakan dicek saja kiranya apa gerangan yang menjadi penyebabnya.
Faktor Penting Dalam Mempelajari Bahasa Arab
Demi untuk mensukseskan pembelajaran bahasa arab baik di sekolah mapun di pesantren, setidaknya ada dua faktor yang harus dipahami. Pertama, faktor dari dalam berupa motivasi pribadi untuk mempelajari bahasa arab. Kedua, faktor lingkungan yang mendukung pembelajaran bahasa arab.
Faktor pertama itu penting sebab motivasi yang datang dari dalam diri punya kekuatan guna mendorong usaha terus menerus untuk belajar bahasa arab dan menghadapi segala tantangan yang mengganggu keinginan mempelajari bahasa arab itu.
Faktor kedua yang datang dari luar alias lingkungan yang mendukung juga demikian. Begitu penting faktor yang kedua ini sehingga akan sulit bagi seseorang yang hendak mempelajari bahasa arab di dalam circle yang tak mendukung. Lingkungan mempunyai daya pressure yang kuat dalam membantu diri seorang siswa dalam mempelajari bahasa arab.
Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab
Setidaknya ada 4 Hal pendukung bagi kelancaran dan kemudahan siswa mempelajari bahasa arab. Sebagaimana disinggung di atas, keempat hal pendukung tersebut adalah sebagai berikut:
1. Buku Pelajaran Bahasa Arab
Buku itu jendela ilmu. Dalam mempelajari bahasa arab pun demikian penting peranannya. Buku bisa dijadikan pegangan dalam mempelajari struktur kata, ilmu nahwu, sharaf, dan lainnya. Dari buku juga siswa dapat mempelajari dan menghafal mufrodat bahasa arab.
2. Lab Bahasa Arab
Dalam sistem pembelajaran atau sistem pengajaran bahasa arab, dibutuhkan Lab bahasa untuk membantu peserta didik mempraktikkan bahasa arab. Kegunaan Lab bahasa arab menemukan momentumnya ketika siswa bersemangat belajar bahasa arab menggunakan teknologi yang ada di laboratorium.
Fungsi lab bahasa arab memang bisa juga diganti oleh kehadiran dan eksistensi youtube. Adanya tutorial video atau bahkan pelatihan daring juga membantu para siswa dalam belajar bahasa arab.
3. Lingkungan Berbahasa Arab
Faktor lain yang dapat mendukung pembelajaran bahasa arab adalah lingkungan. Faktor lingkungan ini bisa lingkungan sekolah, lingkungan pesantren, lingkungan keluarga, lingkungan kompleks, hingga lingkungan pertemanan atau circle pertemanan.
4. Guru Bahasa Arab
Yang tak kalah pentingnya juga adalah guru bahasa arab itu sendiri atau mentor belajar bahasa arab. Dari sisi motivasi dan bimbingan, guru dibutuhkan untuk menjaga semangat siswa dalam belajar, sekaligus memberikan bimbingan arahan dan solusi atas setiap problem yang dihadapi siswa ketika mereka belajar bahasa arab.
Demikian semoga bermanfaat. Wallahua'lam bishowab
Posting Komentar untuk "4 Hal Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab"
Sehat selalu dan terimakasih!